Cara Mengembalikan GRUB Boot Loader Linux yang Hilang

Cara Mengembalikan GRUB Boot Loader Linux yang Hilang

Minggu, 05 Agustus 2018
280x

Kasus ini Saya alami ketika ingin menginstal dua sistem operasi berbeda yaitu Linux dan Windows kedalam satu partisi hardisk yang memang Saya siapkan hanya untuk sistem saja. Diawali dengan menginstal Windows, setelah selesai Saya langsung melanjutkan untuk menginstall Linux Ubuntu bersebelahan dengan Windows yang baru saja Saya install tanpa membuat partisi baru pada hardisk lain.

Proses instal berjalan dengan normal dan lancar. Namun ketika semua sudah selesai dan Saya me-restart PC, Saya tidak menemukan GRUB Boot Loader yang biasa dijumpai. Alhasil, Saya tidak dapat memilih sistem operasi saat PC boot diawal dan secara otomatis PC langsung menjalankan Windows.

Jika Anda saat ini sedang mengalaminya. Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini Saya akan membahas dan memberikan solusi bagi Anda yang mengalami kasus serupa dengan Saya seperti di atas. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan CD/USB Linux yang sama dengan versi yang Anda gunakan saat ini. Dalam kasus ini Saya menggunakan Ubuntu 14.04, karena sebelumnya Saya telah menginstal Ubuntu versi 14.04 di PC Saya. Jadi sesuaikan dengan versi Linux Anda.
  • Restart atau Hidupkan PC dan masuklah kedalam boot CD/USB tersebut.
  • Setelah berhasil masuk, pilih versi Live (Try Ubuntu Live).
  • Buka Terminal, kemudian ketik perintah berikut ini satu-persatu.
sudo fdisk -l

Cara Mengembalikan GRUB Boot Loader Linux yang Hilang

Cari dimana letak partisi Linux Anda berada, dalam contoh ini partisi Linux Saya adalah sdb5 seperti yang tampak pada gambar. Jika sudah ketemu, lanjutkan dengan perintah di bawah ini.

sudo mount -t ext4 /dev/sdb5 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo chroot /mnt /bin/bash

Selanjutnya Instal Grub di partisi Windows, dalam contoh ini partisi Windows Saya adalah /dev/sda, maka perintahnya adalah:

grub-install /dev/sda

Jika berhasil, maka akan muncul informasi “Intallation finished. No error reported”. Terakhir, instal grub di partisi utama Linux. Dalam contoh ini partisi Linux Saya adalah di /dev/sdb. Perintahnya seperti ini:

grub-install /dev/sdb

Jika berhasil, maka akan muncul informasi “Intallation finished. No error reported”.

Cara Mengembalikan GRUB Boot Loader Linux yang Hilang

Sampai disini proses instal grub di Linux telah selesai, sekarang Anda bisa melakukan restart PC untuk menguji apakah grub sudah terintal dengan benar ataukah belum. Untuk melakukan restart, Anda bisa menggunakan perintah init 6 atau melalui menu shutdown ->> restart.

Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Erfandi Bagus
Erfandi Bagus

Suka dengan dunia teknologi, pemrograman web dan menulis artikel.

email@erfandibagus.com

Loading...
Artikel Lainnya