Cara Instal dan Konfigurasikan Samba di Linux Ubuntu

27 Desember 2018 Tips Erfandi Bagus 134x

Cara Instal dan Konfigurasikan Samba di Linux Ubuntu

Samba memiliki beragam opsi dan pengaturan konfigurasi, tetapi di sini Saya akan menunjukkan kepada Anda cara mengatur dan mengonfigurasi Samba server dasar dengan satu pengguna.

Pertama, Anda harus menginstal Samba.

Buka terminal dan ketik perintah ini:

sudo apt install samba

Masukkan kata sandi Anda untuk mengautentikasi.

Hal utama yang perlu dipahami tentang Samba adalah ia menyimpan set akun penggunanya sendiri atau terpisah dari akun utama yakni dalam file /etc/samba/smbpasswd. Itu berarti Anda harus membuat kata sandi Samba terpisah untuk setiap pengguna. Anda membuat kata sandi ini menggunakan perintah smbpasswd. Untuk melakukannya ikuti perintah berikut:

sudo smbpasswd -a user

Berikan kata sandi untuk akun Samba user. Setelah kata sandi user dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat folder untuk berbagi file. Sebagai contoh, saya akan membuat folder Shared di dalam folder /home/user.

mkdir /home/user/Shared

CATATAN: Jangan gunakan sudo untuk membuat folder ini. Alasannya agar pengguna lain dapat mengakses folder tersebut tanpa akses root.

Langkah selanjutnya adalah mengedit file /etc/samba/smb.conf yang merupakan file konfigurasi utama untuk Samba. Seperti biasa, untuk alasan keamanan selalu buat salinan atau cadangan dari file smb.conf yang asli ke folder Home. Hal ini untuk menghindari jika Anda membuat kesalahan, maka Anda dapat mengembalikan ulang file Samba asli dengan mudah.

sudo cp /etc/samba/smb.conf ~

Sekarang gunakan editor nano untuk mengedit file /etc/samba/smb.conf:

sudo nano /etc/samba/smb.conf

File smb.conf panjang dan terlihat rumit, tetapi untuk contoh kali ini, Anda dapat mengabaikan kerumitan tersebut dengan menekan tombol panah bawah di keyboard untuk menuju bagian akhir file. Kemudian tambahkan baris perintah berikut:

[Shared]
path = /home/user/Shared
available = yes
valid users = user
read only = no
browseable = yes
public = yes
writable = yes

Cara Instal dan Konfigurasikan Samba di Linux Ubuntu

Maksud dari beberapa baris di atas adalah:

  • [Shared] = Memberikan nama file yang dibagikan.
  • path = Menentukan lokasi folder yang akan dibagikan.
  • available = Menentukan bahwa berbagi file tersedia untuk semua klien di dalam jaringan.
  • valid users = Untuk merinci pengguna (akun) yang diizinkan untuk mengakses file. Dalam hal ini, hanya akun user yang dapat mengaksesnya
  • read only = Menentukan apakah klien diizinkan hanya berbagi file atau tidak.
  • writable = Menentukan bahwa pengguna dapat menambahkan atau menghapus file yang ada dalam folder.

Baik, setelah Anda memasukkan perubahan diatas, simpan smb.conf dengan menekan tombol CTRL+O lalu keluar dengan CTRL+X. Selanjutnya, Anda perlu memulai ulang (restart) Samba dengan perintah:

sudo /etc/init.d/smbd restart

Samba akan dimuat ulang, membaca kembali file konfigurasinya dan mengaktifkan konfigurasi file sharing yang baru saja dibuat.

ARTIKEL TERKAIT