5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Jumat, 16 Maret 2018
480x

Jika sebelumnya TechIn telah membagikan beberapa tutorial tentang Linux Web Server. Kali ini ijinkan TechIn untuk memberikan 5 Rekomendasi Software Teks Editor Terbaik untuk Coding.

Beberapa dari software berikut ini ada yang bisa didapatkan secara gratis tapi ada juga software berbayar. Nah, daripada makin penasaran software apa saja yang bagus menurut TechIn. Simak ulasannya berikut ini.

Notepad++

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Teks editor ini saya rasa cocok bagi anda yang sedang mencari editor yang bebas, gratis dan juga enteng saat digunakan. Ya, Notepad++ bisa menjadi solusi bagi anda.

Berbekal tampilan (GUI) yang sangat sederhana, software ini terbukti sangatlah ringan untuk dijalankan di sistem operasi Windows dengan dukungan berbegai macam bahasa pemrograman.

Mulai dari C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, XML dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, Notepad++ juga menyediakan beragam plugin yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan para Programmer.

Sublime Text

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Bagi seorang web developer, software ini saya rasa sudah cukup familiar di telinga anda. Pasalnya, sebagian besar web programmer memilih Sublime Text sebagai teks editor terbaik untuk membuat sebuah website mulai dari desain (front-end) hingga sistem (back-end).

Atom

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Bisa dibilang serupa namun tak sama. Atom merupakan software editor bersifat open-source yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis di sistem operasi OS X, Linux dan juga Windows. Software ini buatan salah satu Komunitas Programmer ternama yakni GitHub.

Light Table

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Editor yang satu ini awalnya terbentuk dari penggalangan dana (Crowfunding) di Kickstarter. Light Table juga disebut-sebut sebagai salah satu editor yang sangat inovatif dan tentunya kekinian.

Yang tak kalah menarik, editor ini juga menyediakan compiler khusus yang dapat digunakan untuk tester kode secara real-time. Awalnya, editor ini memang dikhususkan untuk bahasa Clojure, JavaScript, HTML dan CSS. Namun untuk saat ini, Light Table sudah mendukung beragam bahasa pemrograman lainnya.

PhpStrom

5 Rekomendasi Text Editor untuk Coding Program

Dari beberapa software di atas. PhpsStrom saya rasa merupakan editor yang terbaik. Mengapa? Selain menyediakan beragam fitur layaknya editor teks lainnya. PhpStrom juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti completion atau suggestion, navigasi yang cepat, pengecekan error bahkan sampai fitur menarik lain yakni auto-saving. Dengan auto-saving, tentunya programmer tak perlu takut lagi kehilangan data. Ya, PhpStrom akan menyimpan data secara otomatis di setiap perubahan yang dilakukan.

Seperti terlihat dari namanya, teks editor yang satu ini memang lebih fokus ke pengembangan web berbasis PHP. Tapi jangan salah, kegiatan frontend seperti mendesain web dengan HTML, CSS dan lain-lain tentu juga dapat dilakukan dengan software ini dengan cepat dan mudah.

Sayangnya, dibalik kecanggihan dan kekayaan fiturnya membuat software ini harus mengkonsumsi RAM yang cukup besar. Selain itu, PhpStrom merupakan software yang berbayar. Akan tetapi bagi anda yang ingin mencobanya dapat mengunduh software ini dan akan diberikan masa percobaan selama 30 hari (trial).

Tentang Penulis

Erfandi Bagus
Erfandi Bagus

Suka dengan dunia teknologi, pemrograman web dan menulis artikel.

email@erfandibagus.com

Loading...
Artikel Lainnya